Menuju Negri Menara Siger

ini adalah tour terpanjang dan tergila buat saya.

awalnya saya cuman iseng ngusulin ide naek motor ke lampung ke kakak, dan saya agak ragu bakalan dikabulin karena pada pekan terakhir bulan Desember 2013 lalu itu saya dan si kakak ke cilegon buat motoin nikahan temen sekomunitas tOekangpoto (baca ceritanya di mari). dan sayangnya perjalanan ini harus dipenggal jadi 2 karena perjalanan ketika berangkat dan pulang cerita dan insiden yg terjadi itu beda banget. :D begini ceritanya Rabu, 1 Januari 2014

persiapan buat touring itu sangat singkat dan lebih simpel dari yang seharusnya. tgl 1 kami harus ke cimahi dulu buat ngambil side bag yang akan dipakai buat wadah jas hujan, sendal, dkk. dan harus ke borma dulu buat beli:

1. oli (ganti oli dulu bro biar aman di jalan, ceunah mah gitu)
  2. minyak kayu putih,
  3. enervon-c (buat suplemen),
  4. tisu basah dan tisu kering (belajar dari pengalaman sih 2 benda ini dibutuhkan di jalanan),

Malam2 kami udah packing dengan baju seefisien dan senyaman mungkin buat di jalan. bayangan saya, jalanan sepanjang Bandung-Lampung tidak sepi dengan terik matahari, panas, berdebu, dan bisa jadi full of sweat. ga kayak waktu touring ke rancabuaya dulu. jadi baju juga jgn irit2 banget, tiap ganti hari harus ganti baju biar ga gatel2 di jalan. :D sekitar jam 9 malam si kakak udah tidur karena doi masih rada ga enak body gegara jalan di cilegon tempo hari. dan saya… saya masih harus melek sampe laporan pekanan terkirim ke obos di kantor. daripada gue dikejar2 ngerjain laporan yg ga mungkin gue kerjain karena gue ga bawa laptop ke lampung, ya mending gue kerjain sampe hampir jam sebelas malem. fufufu.

2 Januari 2014

besok pagi, sekitar jam setengah 4 kita udah bangun, sholat tahajud, masak aer buat mandi. setelah itu masang2 tas dan perlengkapan di motor sambil nunggu adzan subuh. setelah sholat subuh dilanjutkan dengan sholat shafar untuk keselamatan kami di jalan sampai pulang lagi ke bandung. bismillah, perjalanan panjang kami dimulai sekitar jam 5 lewat sekian menit. btw, pakaian saya agak minim sih waktu itu:

1. baju panjang
  2. sweater yg ga gitu tebel
  3. jaket merah yang biasa saya pakai dengan kancing yang tinggal 1 biji -___-
  4. celana training
  5. rok yg lebar banget (jadi ga perlu dicincing klo duduk ala cowok)
  6. kaos kaki dobel
  7. syal
  8. sarung tangan
  9. masker

mungkin menurut kalian itu udah banyak dan rempong, tapi seharusnya utk perjalanan segila ini, bajunya harus lebih tebel. tapi entahlah waktu itu si saya nekad. .___.

rute perjalanan berangkat kami adalah sebagai berikut Bandung – cimahi (ke padalarang, cipatat yang berkelok2) – Cianjur-Puncak Bogor-Bogor Kota –> di sini kami berenti buat nyari sarapan. waktu itu sekitar jam setengah 10 kurang sekian menit. kami pesen nasi goreng kambing dan minum yang anget2. kami di sini agak lama karena sekalian numpang pup XD (maap klo rada ga sopan, haha) Sekitar jam 10 lewat atau jam setengah 11an kami melanjutkan perjalanan menuju Tangerang-Serang- lalu ke Cilegon.

di Banten, jangan ngarep dapet pemandangan indah kyk di Jawa Barat. patung kuda ini satu2nya yg eye catching di sepanang perjalanan di banten. -__-"

di Banten, jangan ngarep dapet pemandangan indah kyk di Jawa Barat. patung kuda ini satu2nya yg eye catching di sepanang perjalanan di banten. -__-“

sampai di tangerang dan mau ke serang, kemacetan mulai meraja lela karena melewati jalur pabrik dan pas banget jam istirahat makan siang, heuheu. udah gitu ya, jalannya rusak sak sak… kan lagi musim ujan yak, lha itu jalanan kayak kolam ikan. ya ampun, pantesan rakyat Banten sujud syukur karena dinasti di sono udah mau runtuh. ya semoga ada perbaikan ya terutama di infrastrukturnya, yang jujur, sangat sangat memprihatinkan -____-“

Ngantri broo.... sabar.. :v

Ngantri broo…. sabar.. :v

oya, di jalanan juga susah banget yak nyari masjid di sisi kiri jalan buat sholat, ada masjid eh pagernya ditutup dan warna pagernya itu ijo tua jadi ga keliatan klo itu masjid. ya udah deh, kelewatan dah tu masjid. untungnya ada masjid lain setelah sekian lama celingukan di jalan dengan muka lusuh di balik helm dan masker.

kami sampai di masjid Al Jihad, yang letaknya di Balaraja, sekitar jam setengah 1. istirahat 1 jam, touch up dikit di bagian muka (meski ga ngaruuhhh karena kelibas debu jalanan lagi :v), dan leyeh2 di teras masjid. perjalanan dilanjutkan menuju cilegon buat nyari penginepan.kami nginep dulu di deket Pelabuhan Merak agar stamina tubuh tetap bisa terjaga. kami nyadar klo badan kami itu bukan robot, jadi harus istirahat dulu. waktu itu kami milih nginep di Pesona Enasa Merak, letaknya tepat di pinggir jalan sebelah kanan. room rate hotel ini 230 rb/malam. tapi uniknya ada fasilitas nginep 8 jam dengan perbedaan harga yg lumayan. misalnya dengan kamar yg saya booked itu kita cuman bayar 180rebu. ya lumayan lah ya… . oya, kita nyampe hotelnya jam setengah 5 sore.

mas2 resepsionis yang sempet saya sinisin :D

mas2 resepsionis yang sempet saya sinisin. oya, di gambar ini ada pricelist hotelnya, bisa diklik utk nge-zoom :D

klo nginep di sono, ada tempat makan soto yang enak dengan harga murah: bayar ga nyampe 20 rebu buat 2 porsi soto plus es teh manis. cari aja di pinggir jalan klo keluar dari hotel berarti kamu tinggal jalan ke sebelah kiri. etapi kami waktu itu naek motor deng, jadi klo jalan kaki kayaknya jaraknya lumayan. :D

Jumat, 3 Januari 2014

gagal ngeshoot sunrise

sekitar jam 3 kami udah melek lagi dan melakukan ritual: sholat tahajud, mandi, shalat subuh, trus shalat shafar. tidak lupa minum habbat dan madu yang udah dibekel dari rumah. kita sampe di merak sebelum adzan subuh, bayar tiket masuk kapal buat motor Rp 39.000,-. masuk kapal, trus kita langsung ke atas nyari ruang lesehan buat tidur2an. aye sih ngincer sunrise yang ternyata malu2 nongolnya. heuheuheu. nyebrang pake kapal lumayan cepet: cuman sekitar 2 jam lebih dikit. jam 7 kami udah menapakkan kaki di ujung pulau sumatera, Lampung! yeaaahh… klo udah sampai bakauheni dan mau ke ibu kota Lampung, kalian tinggal ngikutin jalan lintas sumatera sampe bandar lampung. rutenya klo ga salah: bakau-panjang-kalianda-bandar lampung. tapi lebih baik liat peta sih karena pengetahuan geografi saya sama kayak anak TK. :v

sampai di jalan yos sudarso, kamiĀ  mampir ke warung bakso “Menggoda” karena saya udah kelaparan luar biasa. saya sangat merekomendasikan bakso menggoda ini karena ga hanya baksonya yang enak, tapi juga mie ayamnya :9. setelah itu motornya diservis dulu di bengkel karena si motor mengeluarkan suara2 mengerikan di jalanan sejak keluar dari hotel di cilegon.

penampakan. sengaja make sarung tangan yg gitu  biar gampang mencet kamera di jalanan :v

penampakan.
sengaja make sarung tangan yg gitu biar gampang mencet kamera di jalanan :v

sekitar jam setengah 11 kami melanjutkan perjalanan ke tempat kelahiran saya: Pringsewuu.. \m/ sampai di Pringsewu, kami ternyata harus melanjutkan ke kecamatan yang berbeda yaitu ke talang padang yang berada di kabupaten Tanggamus karena ibu saya lagi ada di sana. karena hari jumat, maka kami mampir lagi ke masjid di perbatasan ibu kota kabupaten pringsewu karena si kakak mau sholat jumat. dan sekalian istirahat sebentar sebelum lanjut ke talangpadang. sekitar jam 1, kami lanjut dan sampai di tujuan jam 2an.

alhamdulillahh… sampai di sana dengan selamat. subhanallah dah perjalanannya =D

sampai tujuan, saya merasa capek dan ngantuk berat. ngobrol banyak sama ibu dan adek yang bontot trus ga sadar aye tidur di sofa. hehe *bersambung*

About Hikari Azzahirah

My Friends call Me : Ncuss | a Woman. BLogger. Wife. Likes Photography and you! | a socio-worker | this blog is migration from susie89.multiply.com

24 responses »

1. aishaputrina says:

fotonya cakep2 :D
    kalau motor ada rute sendiri ga sih habis turun di bakauheni? atau jalurnya barengan sama truk2 mobil yang mau ke sumatera juga?

2. pitaloka89 says:

Boleh dicoba #eh :D

3. leniaini says:

duh sumateraaa, impian bgt ke sana tp mengingat travelmate perempuan ga banyak yg berani nyeberang pulau mungkin nunggu punya teman hidup dulu ke sana *eaa XD
    nice post kak, bikin kepengen (y)

• sekarang klo ke lampung itu aman lho…
      tapi klo mau lebih aman, pake bus yang langsung nyebrang ke lampung, ga usah ngeteng di jalan.

tapi kalau mau touring pake motor kyk aku, hindari perjalanan malam dari bakauheni ke kota.

tunggu cerita di perjalanan pulang ya.. :))

4. Mirna says:

Wah, keren euy, naik motor sampe nyebrang ke pulau lain :D. Saya mah paling banter naik motor keliling pulau aja. Pingiiinn ke Jawa naik motor, tp belum berani. Nunggu ada yg boncengin aja kali, ya. Hehehe… :D

5. Haya Najma says:

ditunggu lanjutannyaaa

6. Eka Azzahra says:

Wooow, Bandung – Lampung. Itu kan jauh banget, Subhanallah…

7. Fathia Rahma says:

Huwaaa.. Asik banget kak ncuss >_<
    Oleh-oleh keripik pisang cokelat dwoonggssss *eh :D

8. gema says:

salam kenal…saya jg org pringsewu yg skrg tinggal di pamulihan (sumedang) dekat jatinangor…ada rencana utk bawa motor jg ke bandung…kalo boleh tau rute yg agak detailnya, lewat mana aja ya?