Tips Buat Muslimah Berhijab Syar’i Yang Pengen Snorkling

bismillah…
Ada beberapa orang yang tanya ke saya tentang tips untuk muslimah yang mau snorkling, terutama yang selalu menggunakan rok panjang. Well, saya rada bingung ya jawabnya karena selama ini saya nggak pernah mikir aneh-aneh kalau mau snorkling. Nyebur aja kalau mau snorkling, yang penting punya duit buat bayar sewa alat2nya, as simple as that.

Tapi karena ada yang tetep ngotot nanyak, saya tulis beberapa tips sederhana untuk muslimah berhijab syari yang mau snorkling ria di lautan agar tetap terjaga auratnya.

Pakailah baju yang tidak mudah tersingkap oleh arus air.

Saya akan jelaskan secara rinci pertimbangan saya ketika memilih baju utk snorkling, jadi ini teknis banget dan bisa berbeda tiap orang tergantung preference. Saya sudah coba snorkling dengan jenis pakaian: gamis dan baju 2 potong (atasan dan bawahan). Buat saya dua2nya oke aja buat saya karena saya suka dua model baju itu.

Buat yang mau menggunakan gamis: saran saya tetap make celana panjang yang nyaman. Kalau saya, karena waktu itu gamis yang saya pakai agak nyeplak (klo abis kena air), maka saya make rok panjang sebagai innernya. Hihi.

Buat yang mau make baju 2 potong: buat baju lebih baik yang panjang (setidaknya sampai setengah paha) karena kalau baju itu lebih mudah kesapu air waktu kita lagi asik dunia bawah laut. Gak asik banget kan kalau ternyata pinggang (atau bahkan punggung) kita terbuka alias terpampang nyata XD.

Saya malah pernah nyebur ke laut dengan baju seadanya padahal gak ada rencana mau snorkling plus saya gak bawa baju ganti apapun. Nekat memang ya, tapi Alhamdulillah everything was fine karena baju yang saya pakai, form head to toe, semuanya aman dipakai meski saya harus nyebur ke lautan asmarah XD

Kaos kaki is a must

Dimanapun kamu berada, kaos kaki harus dipakai ya. Selain sebagai penutup aurat, kaos kaki ini membantu utk melindungi kaki kita kalau misalnya nih tiba-tiba kita terantuk karang. Kaos kaki bisa meminimalisir akibat benturan dengan karang itu, kaki kita mungkin masih sakit tapi gak sampai berdarah2. Tips: pilih kaos kaki yang panjang hampir selutut dan pastikan bagian karetnya masih kuat (you know what I mean kan?)

Hati-hati dengan guide

Kalau kita ikut paket wisata, biasanya selalu ada guide yang bantu menjelaskan alat2 snorkling dan bagaimana menggunakannya atau sekedar nunjukin spot utk snorkling. Karena kita muslimah, tetap jaga interaksi kita ya, karena kadang guide itu suka seenaknya ngebenerin peralatan yg terpasang di muka kita. Memang sih itu buat keselamatan, tapi tetep aja rishi kan? :D Lebih baik kita nempel2 ke temen perempuan kita yang udah pernah snorkling. Lebih aman :)

Jangan lupa pakai sunblock atau sunscreen

Berguna banget untuk melindungi kulit tangan dan wajah kita. Karena kita lagi main di laut, jangan lupa dipakai lagi sunblock atau sunscreennya kalau mau pindah spot.

Itu aja tips dari saya. Ada yang mau menambahkan? :)

Note:
Pertama kali saya snorkling itu tanggal 23 Juli 2011.
Saya nggak bisa berenang :D

update: 3-10-16

21 thoughts on “Tips Buat Muslimah Berhijab Syar’i Yang Pengen Snorkling

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

