Ini Medan, Bung..!

Horaasss…!!

minggu lalu aku ke medan. horaayy… akhirnya keluar juga dari kubangan pulau Jawa. kubangan? maksud lo? =p. itu pertama kali menjejakkan kaki di medan dan pertama kali naek pesawat. excited? absolutely ;D

waktu mau naek pesawat, segala macem diurus sama bapak2 yang ikutan ke sana (kami bertiga, satu cewek dua cowok). jadi aku tinggal terima masuk, nunggu, terus naek pesawat. =P alhamdulillah adegan tinggal landas bersama air asia berjalan lancar dengan melupakan insiden delay 30menit karena ada penumpang yg membatalkan keberangkatan setelah dia masuk ke dalam pesawat. sampai di medan kira2 pukul 22.30 dan sampe ke hotel jam setengah 12an. bapak-bapaknya langsung pergi nyari makan, kalau aku nelpon orang rumah (si kakak) dan langsung tidur. di ruangan ada 2 kasur single, dan aku cuman make satu di pojok kanan. yaiyalah, masak kepala di kasur kanan, badan dan kaki di sebelah kiri? =)). berasa garing banget di kamar. jomblo freelance mode on =D

nah di medan ini ada banyak hal unik bin aneh yang aku temui. yang paling mencolok adalah logat medan dan bahasanya. dan yang ga kalah geje adalah lalu lintas di kota medan.

logat dan bahasa

klo kita nyebut tempat terjadinya transaksi jual beli sebagai pasar, maka orang medan nyebutnya PAJAK. nah, jalan besar malah disebut PASAR. what a weird :D

sepeda motor disebut KERETA. kalau kereta beneran disebut KERETA API.

yg sering disebut sama orang medan itu “.blablabla.. iya kan?” “gitu lah Teh….blablabal” gitu terus selama percakapan.

Kegejean Lalu Lintas

selama di Bandung dan di Lampung, lalu lintas ya gitu2 aja di mataku. serampangan di jalan, tapi kalau ada polisi jadi sok rapi luar biasa. tapi kalau di medan mah bedaa… aku sampe bengong selama perjalanan.=D

di jalanan yang ramai, motor bebas lawan arus. di bandung kan udah biasa juga, tapi motornya kan di pinggir2 jalan karena paham klo dia lawan arus. nah klo di medan mah kagak. si motor cuek aja melintang (diagaonal) di jalan raya. ngarang banget…

katanya klo nyetir mobil sambil nelpon di jalanan bandung n ada polisi, bisa ditilang. tapi klo di medan mah kagak. polisinya malah asik ngobrol sama sopir mobil bak terbuka. driver mobil kami di sampingnya lagi asik nelpon. karena herannya dengan lalu lintas di sini salah seorang bapak dalam rombongan sampe bilang gini

“ini peraturannya belum sampe di medan ya?”

“atau jangan-jangan presidennya beda?” kita cuman ngakak dalem mobil.

satu kejadian lagi di jalanan menuju tol (di medan ada tol ya… gue kira cuman ada di pulau jawa =D). kalau ada 2 jalan yang beda arah dan masing2 jalan itu cukup luas (bisa muat2 mobil) biasanya ada pembatasnya berupa “trotoal kecil” (aku ga ngerti apa namanya) sekitar 30-50 cm kan? nah di pembatas itu kan biasanya ada aja bagian yang rusak dan rata dengan tanah 50cm-1 meter. waktu kami lagi jalan tenang, eh, dari arah kanan yang notabene arusnya ke arah belakang kami ada truk besar yang menerabas pembatas jalan tadi dan melenggang dengan tenang menuju jalan tol mendahului kami. uh wow…. aku ternganga ngeliat truk segede gambreng melintas di depan mobil avanza kami. =))

aku sempet ngubrul sama temen yang udah biasa di pulau jawa dan sekarang tinggal di palembang (nella). dia dengan semangat mengatakan

“iya cuz, emang lalu lintasnya gaje banget. di palembang juga sama aja. begitulah reaksi orang yang baru ngunjungin daerah di luar jawa” -Perasaan di lampung ga gitu deh.. apalagi di pringsewu yang ndeso. =))

Oya, ngomong-ngomong jalan tol, di medan ada yg namanya jalan tol belawan, dari medan menuju kecamatan medan belawan. di sana tuh jalan tolnya sepiii…… kayak cipularang jam 11 malem di hari kerja. kata orang medan mah “bisa buat ngetrack jalan tolnya, teh…” =))
aku jadi inget sama kejadian fauzi bowo yg ngelawan arus di jalan jakarta yang lagi macet. well, klo jalannya kayak gini sih gapapa… =D

yg unik lagi

ada becak motor!

akhirnya setelah melihat benda itu di televisi, aku ngeliat dengan mata sendiri juga di kota ini. selain becak motor ada juga becak yang disambung pake sepeda, jadi tetep ngontel. =D

kuliner!

ada kampung india yang namanya kampung Madras. mengunjungi kawasan ini hukumnya wajib! highly recommended buat yang bertubuh kurus kayak saya karena makanannya penuh lemak. hehe

di sini bukan di Bandung, ini Medan Bung…!

30 thoughts on “Ini Medan, Bung..!

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s