Puasa Ngeblog dan “sedikit” Curcol

puasa ngeblog selama lebih dari 1,5 bulan itu memang bikin dunia terasa hambar ya. *telen garem*
yang satu bulan pertama sih memang sengaja, karena bertepatan dengan bulan ramadhan dan saya waktu itu lagi disibukkan dengan berbagai hal ttg program ramadhan di kantor. bahkan saya baru selesai mengerjakannya pada pukul 00.10 WIB tgl 8 Agustus 2013, bayangkan saudara2… #eaaa lebay emang gue.

tapi puasa ngeblog emang bikin saya melebihi target tilawah sih
yang tadinya cuman targetin 3 x khatam saya bisa khatam 4x. alhamdulillah…
4x khatam ini cukup cetar buat saya, karena biasanya saya cuman bisa khatam 2x dan itu pun sembari ngos2an. apalagi tahun lalu, saya cuman bisa 1,5x khatam karena kondisi kesehatan yg masih turun naik.

alquran hadiah dari kakak

alquran hadiah dari kakak

tahun ini juga saya (akhirnya!!) bisa i’tikaf di Masjid Habiburrahman yang letaknya di belakang rumah. fyi, saya baru tinggal di kompleks TNI AU ini selama 1,5 tahunan. jadi baru ketemu 2 ramadhan. ramadhan pertama saya lalui dengan cukup dramatis karena saya hanya bisa puasa 13 hari. selebihnya saya harus menelan pil bernama sabar karena kondisi tubuh yang belum mengijinkan utk puasa pasca operasi tahun lalu. Nah, karena kondisi yang labil itulah saya tidak diijinkan i’tikaf sama si kakak.

tahun ini, meskipun saya lebih sering pulang pukul 20.00 akhirnya saya bisa bermalam disana juga *terharu*. dan i’tikaf ini pun berlangsung dengan suasana yang aneh dan agak awkward. jadi gini ceritanya, saya dan si kakak wicak itu dateng ba’da isya ke masjid. karena masjidnya penuh dengan tenda, dan kami hanya bawa diri,mushaf dan alat sholat jadi ya kami misah. ntar lah klo misalnya udah punya anak, i’tikaf bawa tenda… dan anaknya jangan lupa. nanti tendanya beli yang gambarnya hello kitty atau Ben10. *ditabok kak wicak* :)).
DSC_0267

DSC_0274

DSC_0275

DSC_0285

saya yang baru pertama kalinya ngeliat koridor Habib yang dipenuhi dengan tenda dan penjual musiman di pinggir2nya, jadi merasa dilempar di pemukiman asing. saya sampe bingung mau lewat mana, takut nyasar ( –)/|. setelah jalan dengan gerakan slow motion dan celingukan kanan kiri, saya dapet tempat di teras masjid di bagian akhwat, deket pilar kedua dari pintu masuk. beneran, saya cuman sendiri karena di teras itu ga ada yang saya kenal dan saya males masuk ke dalam karena udah penuh. tapi alhamdulillah, kesendirian saya itu membuat saya fokus tilawah. ga ada acara tengok kanan-kiri, ngobrol ngalor ngidul atau gosip sana-sini. paling satu dua kali liat timeline di twitter. itu pun saya jadwalkan, kalau sudah baca 1 juz baru boleh liat twitter.

kekhusyu’an saya terpecah ketika perut saya tiba2 mules tidak tertahankan. gatau kenapa perutnya mules banget =..=. jadilah perbekalan yang sudah dibongkar dari ransel kecil harus saya packing dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. sajadah, chic choc dalam wadah tupperware kecil, yoghurt, dan air mineral 1,5 lt saya lemparin ke dalem tas lalu saya lari ke kamar mandi akhawat. segala puji bagi Allah, ada kamar mandi yang kosong di pojokan. saya segera menunaikan hajat yang tertunda. hehe.

chic choc

chic choc

balik dari WC, saya bergabung dengan orang2 yang sedang tilawah di tangga kecil di depan pintu masuk masuk di bagian akhawat. dengan posisi duduk yang lebih tegak itu, saya jadi lebih segar dan tidak mengantuk. sekitar pukul 11.30 an saya merayap ke ruang utama masjid dan tidur bersama jamaah lain. dan pukul 01.00 saya terbangun karena ada agenda sholat malam. =D. serunya, saya tidak ngantuk sama sekali meski cuman tidur 1,5 jam. jadi saya nerusin tilawah dulu beberapa juz agar waktu saya ikut QL bareng ustadz, bacaan suratnya itu sama kayak tilawah saya. jadi… hehe… you know what i mean kan? =D. alhamdulillah, dua jilid Al Qur’an masing2 5 juz (minus 2 juz yang sudah saya baca sebelum saya i’tikaf) yang saya bawa habis terbaca di malam itu.

oya, waktu sahur saya dan si kakak makannya ga bareng2. mungkin dia malu kali ya makan bareng istrinya di lingkungan masjid. maklum, dia kan pemalu. abis sholat subuh, yg tadinya sy mau nyimak tausiyah, saya malah sukses tertidur. hehe. lumayan, sekitar 20 menitan.

alhamdulillah, segala puji bagi Allah, tahun ini saya bisa tersenyum puas saat pagi hari 1 syawal saya menginjakkan kaki di pangkalan udara Husein Sastranegara meskipun saya tidak sholat waktu itu. target yang terlampaui bisa mengobati harap yang belum berujung pada pengabulan doa. muehehe. #pret

little girls

little girls

saya suka sekali sama foto ini ^^

saya suka sekali sama foto ini ^^

33 thoughts on “Puasa Ngeblog dan “sedikit” Curcol

  1. selama ramadhan sy ngurangi ngblog, setelah lebaran baru puas Bw-nya. di sini gak ada yg sampe bawa tenda gitu. gak ada yg iktikaf nginep2 gitu. tapi jam dua pagi dibangunin lewat corong masjid buat sholat tahajud bareng.

    • menuruy analisaku, yg bawa tenda itu kebanyakan keluarga (bawa anak, kdg ada yg 3 anak dibawa smw).
      Jd bw tenda utk kenyamanan anak2nya. Dan lg, di habib itu ruang utama yg full ada temboknya ga gt luas, sisanya ruangan terbuka… jd klo g make tenda kasian anak2nya.bisi masuk angin. apalagi di habib itu dingin banggeett.. :D

      wah…mbk ay targetnya banyak bgt kali.. aku kan cuman 3x.. =D

      • hehehe…

        target tilawah ramadhan emang harus maksain diri sih mbak..
        aku 2x khatam di 8 hari pertama puasa, karena emang masih agak longgar kegiatannya dan badan masih fresh. klo di akhir2 badan udah mulai ngedrop karena aktivitas semakin memuncak mendekati idul fitri. hehe

    • di bandung cuma masjid ini yg bertenda, klo di jakarta kyknya asa deh. At tin klo ga salah. Cmiiw.

      kalo malem kyknya jarang, paling lari2 di koridor masjid.klo pagi-sore mungkin banyak.
      sesekali maen ke sini and…muehehe.

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

