Solo Traveller…

Bismillah…

yey akhirnya bisa “main” dg lebih manusiawi di Solo. Dulu sy pernah ke solo, tp cuman survei dan lgsg ke jogja setelah itu capcus balik ke

gembolan main

gembolan main

bdg. Jalan2? Boro-boro… Sebenernya sy ke solo kali ini ga main sih, tp ada acara rakornas gitu. Saya berangkat dari bandung sendirian (aka Solo) dg Lodaya Malam di kamis malam jam 7 malam.

Di kereta inilah sy dpt travel mate yg tidak disangka2 yaitu ustadz solikhin abu izzuddin, penulis buku Zero to Hero. Ustadznya ramah banget, dan ga jaim “cuman” makan nasi bungkus sama telur dadar. Ga sungkan juga buat nyapa duluan, namanya siapa mau kemana asal darimana kerja apa kuliah. Dst. Sy agak2 grogi, excited, sama pengen kabur ke kursi lain. Secara, saya kan bingung ya mw kek gimana klo di samping ustadz gt. apalagi aye beser di gerbong kereta nan dingin. -___-“.

Alhamdulillah sy bs melewati masa kritis sy dg selamat. Sy nyampe di stasiun solo balapan jam 4 pagi. Sy lgsg ke musholla dan shalat malam sebentar, tilawah, abis itu shalat subuh bareng sama penumpang lain yg kebetulan nyubuh di stasiun. Mushollanya nyaman tp klo soal tempat wudhu, masih blm akhwat friendly. So, harus jaga wudhu dr kereta atw wudhu di toilet.

Jam 5 kurang sekian sy dijemput sama panitia lokal dan langsung diajak makan. Tebak Gimana reaksi sy wkt itu? Excited, dan eneg. Bayangin duong makan jam segitu… biasanya juga masih ileran #eh. Sy diajak ke kuliner khas Solo, judulnya Gudeg Ceker Bu Kasno.

penampakan gudeg ceker

penampakan gudeg ceker

sy kagetnya di warung tenda yg bukanya dr jam 2 pagi ini adalah teronggoknya 2 pasangan di lokasi lesehan. Yg cewek bajunya minim: hotpants + tanktop dan ada tato di bagian pundak. Kacaunya adalah si cowoknya itu meluk2 si ceweknya dong sambil ngisep kayak semacam vicks inhaler. Ya ampun, salah gue apa sampe liat adegan geleuh gitu abis shalat subuh? -..- untungnya ga brp lama kemudian mereka cabut dg mobil mereka. Dan mas2 panitia itu malah nawarin duduk di lesehan. Buset, sy ga tega duduk di tiker itu. Horor. -..-
Review Gudeg: enak, full lemak. klo udh sama suwir ayam ga perlu pake telor ya.. susah ngabisinnya. =..=

maap ngeblur, motonya pke HP night mode dan gemeteran ngantuk. :))

maap ngeblur, motonya pke HP night mode dan gemeteran ngantuk. :))

Saya lalu didrop di sebuah rumah besaarr yg akan jadi basecamp para relawan fotografer. Alhamdulillah sy bs mandi, shalat dhuha, tilawah bentar abis itu tidur. Oya, bagi yg bertanya2 dimana si kakak berada.. dia itu bareng rombongan jakarta dan naek bis. Wakwakwak. Sy ngakak aja wkt denger mereka naek bis krn kebayang aja berapa lama ke sana. Dan benerrr wkt sy udh puas tidur, rombongan masih di sekitar alas roban. Salah sendiri si kakak ngotot bareng anak2 jkt dan membiarkan sy naek kereta eksekutip :)). Fyi, mereka baru nyampe di solo setelah 24 jam. Wkwkwk. Kebayang gmn telernya orang2 itu. Dan acara berlanjut hingga jam 11 malam.

kamaarrrr

kamaarrrr

24 mei 2014

3000 perak

3000 perak. bukan orangnya lho ya, tapi sotonya. :))

pagi2 kita udh siap di bis kecil dan kami kuliner soto dulu. Nah, di rombongan kita itu kan dr ujung barat sampai timur indonesia. Jd indra pengecap mereka jg beda2. Yg dr medan namanya Ryan Alamanda. Nah, waktu soto dianterin sama penjualnya, si Ryan ini cuman bengong dana menatap nanar ke mangkuk soto yg didominasi oleh nasi. “ini kayak makan nasi dikasih air…” saya ngakak ngeliat tampangnya si Ryan ini. ya maklum lah ya… Soto harganya 3ribu perak. Haha. Di warung ini, saya ngabisin sate kerang 3 tusuk. Aaaakk enaakkk….. mau lagiii..

Setelah itu ada seminar dari pakar kehumasan gitu. Padat materi. Abis itu setiap komunitas

pemain kecapii

pemain kecapii

disuruh kumpul bareng dan nyari makan sendiri2. Kami masuk ke warung pecel yang di depan pintunya lagi ada street performer berupa alunan kecapi dan lantunan lagu jawa. Sayangnya di warung pecel ini.. menu pecel-nya abis jadi saya milih pesen nasi rames daripada makan soto lagi. Nah, si Ryan Medan kena shock makanan lagi di sini. Dia kan penasaran bgt sama sate paru sapi yg disajikan di meja. Dia ngambil satu tusuk, dan waktu ngunyah gigitan pertama, dia langsung lari2 kesetanan ke belakang. Lalu diteriakin sama kita.. “Wooi… jangan di situu…” lalu dia lari2 kesetanan ke depan.

“kenapa itu si Ryan?” Tanya saya kebingungan sama nahan ketawa. Yg lainnya cuman ngakak sambil terus ngunyah tahu goreng selagi nunggu makan siang dateng. Tak berapa lama kemudian Si Ryan balik lagi ke meja kita setelah berhasil membuang sate paru. “kenapa kamu lae?” Tanya yang lain ke dia. “Bang, aneh kali rasa makanannya… anyir2 gitu.” saya: kembali Ngakak =)).

Dan malam minggu itu, kami bertahan di ruangan rapat sampai jam 12 malam. Asli, saya udah kayak zombie XD

 

25 Mei 2014. Car Free Day. Jl. Slamet Riyadi.

Dari hotel Grand Sahid kami ke lokasi CFD naek becak wisata.. yang harus dikayuh sendiri sama yg nyewa. Belum sarapan, lapar. Tapi tetep muter2 dulu dimari karena penasaran sama isinya. Menurut saya sih lebih semarak dan lebih teduh di Dago-Bandung *yaeyalah…* dan pedagang makanannya sedikit. Padahal makanan itu sangat vital lho… wekekek. Jadi sewaktu keliling CFD itu saya fokus nyari tukang jualan makanan. Laper mblo… -___-“ tapi cuman nemu batagor bandung rasa terigu. Huhu… saya sekarang tahu klo Bandung adalah surga makanan enak dan murah. Terutama di jalanan.

and here we are…

foto oleh uwak hamid murroghi

foto oleh uwak hamid murroghi

Abis itu kami merangsek ke kamar hotel yang udah ga kepake bwt mandi (lagi), ganti baju dan bersiap ke tujuan selanjutnya. Yogyakarta.

 

7 thoughts on “Solo Traveller…

  1. Gudeg ceker Bu Kasno memang legendaris, terkenal ama penjual yg nyeremin krn saking putih kulitnya sering disangka vampir hihihi

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s