Drama Parenting T_T

anak keciiilll (photo: @HikariAzzahirah)

anak keciiilll (photo: @HikariAzzahirah)

saat idul fitri kemarin saya dan keluarga mengunjungi beberapa saudara. datang, salam2an, maap2an, lalu ngobrol dan makan. saat ngobrol2 itulah saya memperhatikan pengaturan pernak-pernik istana sang tuan rumah dan interaksi antar tokoh di keluarga itu. saya mungkin seharusnya tidak boleh sekepo itu, tapi mau bagaimana lagi adegan demi adegan berseliweran di depan saya.

ada yg menarik waktu kami berkunjung di salah 1 rumah “bude” yg sebenernya ikatan persaudaraannya itu adalah karena seringnya interaksi antara bude dan ibuk di komplek perumahan TNIAU. di rumah tsb ada anak dan cucunya bude. cucunya itu perempuan, ga bisa diem, khas balita banget. kata mamanya, anaknya itu pasti keluar rumah dan naik2 ke pagar rumah jadi harus dijagain biar ga keluar2. hmm… saya cuman tersenyum dan ngelus2 kepala anaknya sebentar.

benar saja, si balita ini lari dengan lincah ke luar rumah dan berhenti tepat di depan pagar yg membatasi rumah dengan jalan komplek perumahan. saya ngeliat di depan rumah itu, apa sih yang bikin balita ini begitu pengen keluar. oo.. ternyata ada beberapa anak yang lebih besar dari dia sedang main layangan. saya liat balitanya beneran pengen main sama anak2 itu. beberapa jenak kemudian mamahnya dateng dan menggendong si anak masuk ke rumah dan diiming2i nonton youtube.

oh.mai.god.

iya sih, nonton youtubenya itu lagu anak2. tapi… emang salah ya si anak main sama anak tetangga? kan kasian kali sama tu bocah yg benar2 pengen main di luar (terbukti dari aksi “melarikan diri” lebih dari 5x) tapi akhirnya disuruh mainan iphone atau dicekoki DVD lagu anak2.

anak itu hanya ingin partner bermain yang berbeda kok…
dan agak tercengang juga saya waktu ngeliat video anak2 yg di-setel di TV (waktu itu si bocah tiba2 narik tangan saya buat sama2 nyanyi -__-“): si anak2 yg nyanyi itu pake baju2 mini, rok di atas lutut, baju you-can-see-my ketiak, dan lip gloss berkilat di bibir.
please mom… jangan kasih anak2 itu “role model” kayak gitu… T_T

padahal mamah sama papahnya itu orang berpendidikan lho tapi agaknya kurang melek sama pendidikan parenting. klo gini kan, orang tuanya ga bisa nyalahin si anak kalo nanti gedenya dia lebih akrab sama TV dan gadget daripada gaol sama orang. karena yg pertama kali ngajarin mereka ya si orang tuanya.

saya saat ini belum berstatus orang tua sih ya.. saya juga ga paham betul bagaimana peliknya kehidupan parenting dan mengurus rumah tangga. yang saya pahami, anak punya hak untuk dikenalkan kehidupan sekitarnya. ga melulu di rumah, apalagi usianya sudah berbilang tahun seperti itu. saya suka sedih melihat drama parenting seperti tadi. ga cuman sekali, tapi banyak sekali kejadian seperti itu di sekitar saya. apa sih yang ada di pikiran para orang tua jaman sekarang? apakah tidak belajar dari hiruk pikuk isu tentang anak2? mereka mau men-desain anaknya (bukan profesi, tapi karakter dan akhlaknya) menjadi seperti apa? T_T

saya jadi ingat sama buku yang saya tuntaskan tadi malam.
Ayah Edi Menjawab. buku hijau yg menjawab tuntas 100 pertanyaan tentang anak2 dan pengasuhannya yang tidak akan ditemukan di kamus manapun. buku bergizi bagi para pasangan muda atau orang tua muda untuk mempersiapkan dunia parenting. very recommended!

ayah edy menjawab

ayah edy menjawab

6 thoughts on “Drama Parenting T_T

  1. Noted. Mungkin bedanya itu ya orangtua dulu ama sekarang, sekarang kita dapet banyak ilmu gini karena alhamdulillah internet udah dimana-mana, kebayang juga jaman dulu ibuk-ibuk belajarnya darimana. Poinnya semoga kita bisa belajar dari kesalahan dan nggak ngelakuin hal yang sama di masa depan.

    Makasih ilmunya kak ncus *salim.

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

