17 Agustusan di Ancol

Buat saya, semua perlombaan di 17 agustusan adalah unik karena aseli Indonesia. Dari balap karung, makan kerupuk, masukin benang ke jarum, masukin paku ke botol, bakiak, dan segala macam lomba aneh2 lainnya. Tapi yang paling epik buat saya adalah panjat pinang. Legenda bangetlah lomba ini.

dan 17 agustus kemaren saya diajak sama si kakak buat nemenin Kang Dudi yang mau liputan event 1000 panjat pinang di pantai Ancol. Saya sebenernya agak2 malas karena saya tau gimana panasnya Ancol, tapi saya akhirnya ngikut aja karena saya gatau mau ngapain lagi XD.

Ba’da motret upacara di tugu proklamasi, kami bertiga capcus ke Ancol sekitar jam setengah 11. Saya duduk di bagian belakang mobil jeep katana dengan bantuan udara dari kipas angin. Kebayang ga gimana panasnya? Ga usah dibayangin, karena panas banget XD. Sampai di Ancol, jam setengah 12. Kebayang gimana panasnya? Sekali lagi, ga usah dibayangin! Saya sampe pening kepalanya. Mana penuh sama orang, dari yang nonton sampai yg jualan. Tapi memang keren sih lapangannya, full sama pohon pinang yang udah dikasih nomer dan stiker sponsor Oli, dan tentu saja hadiah yang bergelantungan di puncak pinang.

20140817_142453

penontoonn….

great

a thousand… foto: Hikari Azzahirah gear: samsung galaxy s3 mini

Jam 12 kami melipir ke mol buat ngadem, nyari makan, shalat abis itu gerilya lagi di lapangan nyari moment. Kita makan di Solar*a. pelayanannya buruk, pelayannya gak ramah, ga ada senyum, dan nunggunya lama. Es Teh yg saya pesen pun disajikan dalam gelas bekas semacam milkshake yg nggak bersih nyucinya. Menurut saya ini menjijikkan pake banget. Waktu saya protes, pelayannya ga minta maaf sama sekali dan langsung ngasih tau akan diganti tanpa ada nada penyesalan sedikitpun. nyebelin ga sih? dia kira customer itu cuman menikmati menu? -__-” Setelah nunggu sekian puluh menit, nasi goreng seafoodnya dateng. Dan well, Alhamdulillah nasi gorengnya tidak membuat saya kecewa lebih dalam. Oke, saya maafkan kamu restoran warna ungu. >:p

Jam setengah 3, kami keluar dari kawasan ber-AC itu dan kembali berjibaku di Antara pohon pinangan. Ternyata lomba ini ditayangin live sama MNC. Jadi, MCnya artis2 gitu, ga penting juga sih sapa namanya. Cuman yg nyebelin itu adalah lagu2 alay yang merobek2 gendang telinga saya -___-.

Lomba dimulai ditandai dengan countdown dari MC alay. Saya langsung motret2 dengan HP, tapi seringnya saya bengong ngeliatin betapa trengginasnya tubuh2 terbakar matahari itu ketika memanjat pohon yg berlumur oli. Dan ajaibnya, ada tim yang kurang dari 2 menit sudah sampai puncak. Gile banget itu bapak2nya, kayak bajing aja.

This slideshow requires JavaScript.

Dan kemudian, pejuang ratusan pohon pinang lainnya tidak semudah penaklukan tim bapak2 yg kayak bajing itu. Sampai sekitar jam 4 sore, masih banyaaakk yg belum kelar. Ada yg sampai beberapa kali jatuh, padahal sudah di 1/3 terakhir. Ada juga baru sebentar udah ambruk. Saya melihat dengan jelas bagaimana mereka menahan beban ratusan kilogram di atas pundak mereka. Padahal ini “hanya” tentang dunia. Tapi ah, siapalah saya ini sampai berani memberi label seperti itu? Siapa tau kalau mereka memang benar2 kaum marginal di Jakarta yang sangat membutuhkan barang2 di puncak pinang itu. Uang 1 juta yg menjadi hak para tim pemenang pasti akan dibagi2 ke semua anggota tim. Tidak besar, tapi mungkin mereka memang benar2 butuh. Mungkin sekedar untuk mengajak makan keluarga dengan hidangan istimewa, atau memang mereka perlu uang yang sedikit itu untuk membayar keperluan pendidikan anak2nya.

Pada akhirnya saya mengangkat HP saya (saya ga punya topi… :p) untuk menghormati para pejuang panjat pinang. Saya kagum dengan kalian!

4 thoughts on “17 Agustusan di Ancol

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

