Ranu Kumbolo #1 : Perjalanan Yang (Sempat) Ingin Dibatalkan

Sidqi: peserta paling keciilll

Sidqi: peserta paling keciilll

Perjalanan november adalah hal yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. klo tidak salah ingat kasak kusuk sudah mulai terdengar kira2 setelah kami ke Jogja di bulan mei kemarin. iya, lama banget… :D. saya sama si kakak mulai mempersiapkan semua toolsnya, kekuatan fisik, dan -terutama- duidnya :p. karena perjalanan ini membutuhkan duid yg tidak sedikit. da kita mah apa atuh, rumah aja masih numpang, hehe. jadi mulailah kami berhemat sejak bulan September 2014, segala hal kurang penting sebisa mungkin di-postponed. tapi tetep ya.. kita aktif nonton di bioskop bulan2 itu *nyandar di pojok ruangan*. alhamdulillah sih, Allah ngasih banyak jalan utk mengalirkan rizki ke kantong2 kamih. dan persiapan perjalanan ini diawali dengan membeli tiket KA Matarmaja seharga Rp 65.000/orang via kang dudi :D

semangat saya dengan perjalanan ini naik turun seperti gabungan kurva sin-cos-tan. Dan di pertengahan bulan oktober, saya tiba2 ingin perjalanan ini dibatalkan sama Allah meski saya ttp mempersiapkan segalanya: olahraga,  makan, ngecek tensi (yg masih hipotensiii…), juga searching2 (nyari pinjeman) peralatan macam sarung tangan, keril, dll. iya, saya pingin Allah membatalkan perjalanan ini dengan apa yang saya ingin (bingung kan? sama…). saya gak merasa rugi sama sekali jika apa yg saya harap tadi dikabulkan sama Allah. duit? yaelah, ntar juga bisa nyari lagi, rejeki selalu ada sampai napas dicabut sama Allah kan?. soal keinginan ini, sempat pula saya siratkan dalam status di Whatsapp, tapi alhamdulillah ga ada yang ngarti atau noticed :)). da aku mah apa atuh

hingga sampailah di H-7, harapan saya yang tiba2 muncul itu tidak memberikan tanda2 akan dikabulkan :v. pada saat itu pula tabungan utk ke sana sudah cukup. kami lgsg ngebut beli barang2 di H-2 dan H-1. oya, kami juga bisa beli tiket pesawat untuk pulang ke Bandung. gayak beud kan? haha. alhamdulillah… :p

Hari H perjalanan, Kamis, 20 November 2014.
hari itu jakarta kebanjiran (lagi), perjalanan saya dr stasiun jatinegara ke kantor di matraman yg normalnya 15 menit jadi molor 1,5 jam. saya waktu itu saya yg tadinya sengaja naek bajaj biar makin wuswuswus jalannya, hanya bisa menelan kecewa dan keringat #eh. saya ngantor dulu, diskusi sama anak sayah di sanah. abis itu nyusul ke stasiun senen sambil bawa nasi bebek kesukaan saya (yg selain enak banget… harganya juga masuk akal banget buat sayaaahhh) buat makan malam sayah dan si kakak. alhamdulillah perjalanan ke stasiun lantjar jaya bak jalan tol. kekhawatiran saya bahwa jalan akan semacet tadi pagi tidak terbukti sama sekali. sesampainya saya di ruang tunggu, di sana belasan keril sudah bertumpuk di pojok ruangan.

sekitar jam 3 kami berbondong2 masuk ke pintu yg ada tulisan “Matarmaja”nya. oiya, H-3 perjalanan, saya kehilangan KTP lhoo… beserta kartu2 lainnya: ATM, anggota Lab Pramita, dll dan beberapa ratus ribu, hehe. alhamdulillah saya punya identitas lain berupa Paspor, jadi saya bisa masuk tanpa kesulitan apa2. ternyata bikin paspor itu memberi manfaat di saat2 beginih :D. *ketjup mesra paspor yg belum ada stempelnya*

Fotonya Kang Dudi klo ga salah

Fotonya Kang Dudi klo ga salah

foto: Kang Dudi

foto: Kang Dudi

peserta “rihlah” inih ada sekitar 39 orang yg terdiri dari berbagai macam usia dan berasal dari beberapa kota: jakarta, bogor, medan, yogya, bandung, jatim. Selain rombongan Jatim, semua peserta berkumpul di Stasiun Senen meski ada beberapa orang yg memakai jalur udara. finally, 27 orang yg kumpul di stasiun senen itu merayap ke Malang bersama kereta tua dengan AC yg nyala tapi keberadaannya tidak terasa. hehe.

Oya, saat itu sekitar 10 menit sebelum kereta jalan. ada 3 orang yang belum keliatan batang hidungnya: Mbak Tyarin, suaminya, dan Sepupunya (eh, apa adeknya yak? lupa sayah :D). saya ikut bantu menghubungi mbak tyarin karena khawatir mereka ketinggalan. waktu berhasil ditelpon, katanya sih mereka bentar lagi nyampek, jalanan macet. saya waktu itu masih bertanya2 dlm hati: “sebentar laginya berapa menit? udah jam seginihh…. ya ampuunn…”. beberapa saat kemudian terjadi keributan di luar kereta, dan seketika saya liat dari jendela (yg tentu saja sudah dipenuhi oleh tubuh para peserta lain yg ikutan curious sama kejadian di luar) mbak tyarin dan yg lainnya lari tergopoh2 ke kereta. Kang Dudi ikut membantu membawakan keril agar larinya lebih cepat. alhamdulillah 3 orang itu sampai di kereta dengan selamat sentausa. setelah nafas normal, mbak tyarin bilang ke saya “tadi tuh udah hampir mau nangis waktu di taksi…”. i feel her lah ya.. pernah mengalami hal yg mirip2 soale :)).

perjalanan kereta ini adalah yg paling lama dan paling panas yg pernah saya rasakan. tapi dalam kondisi seperti saat itu, semua kesusahan terasa sangat menyenangkan karena saya gak sendirian, ada 26 orang lain yg merasakan hal yg sama. Toh nyatanya saya bisa tidur juga di kursi ekonomi itu. saya sih kasiannya sama si kakak, karena doi sebenernya gak gitu suka naek kereta ekonomi :p. klo jalan sama saya dia pasti milih kereta eksekutip :v. makanya, waktu si kakak pingin tiduran di pangkuan sayah, saya setuju2 aja. kasian itu… anak orang… #eh

fotonya kang dudi juga kyknya... :))

saya tidurnya bisa rada elegan begitu yak? :p [fotonya kang dudi juga kyknya… :))]

Hari Jumat, 21 November 2014 pukul 08.01 WIB

Kereta tua itu akhirnya bersandar juga di stasiun Malang. stasiun yg pernah menorehkan sakit pinggang tahun lalu :)). kami semua berkumpul di sekitar toilet di dalam stasiun utk membersihkan diri. namun apa daya, airnya ternyata mati, saudara-saudara… akhirnya kami mencukupkan diri dengan tisu basah utk mengelap wajah, tangan, dan bagian tubuh lain. tapii… ternyata Allah ada bersama saya: air tiba2 ngucur waktu saya masuk ke toilet mau buang air kecil dan dengan air seadanya. saya waktu itu udah ngantongin sabun muka dan sikat gigi. voila.. kesempatan emas buat saya utk membersihkan wajah dan gigi dengan lebih paripurna. :p

yey, ada aku sama si kakak. [fotonya kang dudi juga]

yey, ada aku sama si kakak. [fotonya kang dudi juga]

sekitar jam 9 kami bertolak dari Stasiun Malang ke Tumpang menggunakan 3 angkot. keril ditumpuk-tumpuk di atap angkot. semarak banget deh liat si angkot itu :D. sesampainya di Indomaret Tumpang, kami leyeh2 sebentar sambil ngemil2 cantik di Teras Indomaret. kemudian datanglah Sang Tuan Rumah yaitu Pakde Ikmal Aftoni. seorang bapak yang sangat tulus, sabar, dan ikhlas bgt menerima gerombolan macam kami ini. Beliau itu juga vokalisnya tim Nasyid Suara Persaudaraan lho… pada tau gak? saya sih tau satu lagu yaitu “Dialog Dua Hati” gara2 diracuni sama si Kakak :)).

foto cewek2 sebelum menikmati goyangan jeep. [fotonya kang dudi jugak]

foto cewek2 sebelum menikmati goyangan jeep. [fotonya kang dudi jugak]

Bersambung ke #2 ya… :p

21 thoughts on “Ranu Kumbolo #1 : Perjalanan Yang (Sempat) Ingin Dibatalkan

  1. Jangan pas tahun baru nya mb ncuss…tgl 31 zuli baru turun dari semeru ,pas tanggal 2 januari aja atau minggu depannya…he…he…Agendakan sama teman2 TP…tapi TP katanya mau ke kampung badui ya januari…

  2. Wah Seru baca blognya Mb Hikari…Salam kenal Mb Hikari…(Baru Kenal sepintas di Grup WA Rakum TP)saya salah satu peserta yang cancel ikut TP ke Rakum karena cutinya tidak di acc…hiks…hiks,,,Semoga dilain waktu bisa bergabung berpetualang bersama grup TP

  3. seru rame2, dengan pake KA ekonomi ceritanya pasti lebih seru karena ada cerita AC ga nyala segala kan hehehe. klo pk eksekutif mah ga bisa gitu hehehe
    ayo mana kelanjutan ceritanya???

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

