Nonton Bareng Kang Aher, Film HOS TJOKROAMINOTO

IMG_20823663050292

saya ada di barisan belakangnya… *gak penting*. foto dari FBnya kang aher

Setelah 2x gagal nonton bareng orang nomor satu di Jawa Barat, akhirnya tadi malam kesampean juga. Lalala.. yeyeye… :p. Saya dulu gagal nonton karena pasti lagi perdin ke luar pulau T.T. Klo gak salah dulu film yg ditonton itu 99 Cahaya di Langit Eropa, satunya lagi saya lupak. Kali ini pun awalnya terancam gagal juga karena ada rencana perdin ke Cilegon yang sebenernya saya rada males sih ke Cilegon, panas bok. Tapi alhamdulillah, perdinnya ditunda sampe akhir bulan. Hehe.

Singkat cerita saya dan si kakak cabut dari kantor saya jam 5 sore langsung ke Ciwalk. Kami langsung ke lantai 2 lewat lift dan ngambil tiket dari panitia karena si kakak memang dapet jatah 2 tiket dan dapet teater bareng sama Bapak Gubernur yang keren itu. Xixixi. Abis itu kami turun ke lantai dasar buat wudhu di toilet karena meskipun mushollah-nya bagus, tapi tempat wudhunya itu gak akhwat-friendly bgt. Jadinya saya wudhu di toilet, dan toilet yg ada keran airnya itu ada di lantai bawah :D.

Sekitar jam setengah 7, bioskop dibuka dan kami masuk. Eh gak taunya di bioskop itu saya ketemu sama obos-obos besar di kantor -___-“. Waktu saya nyari2 nomor kursi kami, ternyata udah ditempatin bapak2 gitu. Cih, jadinya saya nongkrong aja di kursi di belakangnya Kang Aher sambil nungguin si kakak yang lagi motretin Kang Aher dari berbagai sisi. Saya cuman ngarep ada sempilan foto saya di belakang kanga her…. yang pastinya tidak akan terjadi karena ruangan yg minim cahaya dan si kakak gak bawa flash, cuman bawa lensa fix 35 mm :v.

Sebelum film dimulai, ada Bu Christine Hakim yang memberikan semacam opening speech setelah menyapa Kang Aher dan orang2 yang duduk di sampingnya.
“Saya sangat bersyukur karena terlibat tiga kali dalam pembuatan film sejarah. Cut Nyak Dien 30 tahun yg lalu, Sang Kiyai 2 tahun yg lalu, dan sekarang HOS Tjokroaminoto. Saya dapat merasakan perjuangan para pahlawan Negara kita… “
Kemudian beliau cukup panjang memberikan wejangan kepada kita yang ada di ruangan itu bahwa dulu sebelum ada HP, para pahlawan bangsa dapat mempersatukan gerakan merebut kemerdekaan dari sabang sampai merauke. Namun sekarang, ketika kita dengan mudah sekali berinteraksi dengan orang lain dengan berbagai gadget yang kita punya saat ini malah terjadi fenomena putusnya komunikasi. Indeed, ma’am :(

Kalimat yg paling saya suka adalah

“Kita harus bersatu, berjamaah, menyatukan visi dan misi untuk memajukan bangsa” –Christine Hakim

Film pun dimulai tanpa ada iklan sebelumnya *penting*. Film ini menceritakan tentang kehidupan HOS Tjokroaminoto sejak beliau masih di sekolah rakyat. Film ini dimulai dengan adegan Tn. Tjokro yang sedang berada di Penjara Kalisosok dengan setting tahun 1921. Saat itu ditunjukkan bahwa Tn. Tjokro adalah sosok yang tidak mau dianggap rendah oleh kaum Belanda, tegas, serta bangga dengan Islam dan darah Jawa yang mengalir di dalam tubuhnya. Adegannya keren, salut deh sama Reza Rahardian yang berhasil membawa keluar sosok tegas Tn Tjokro.

20150414_210333

lagi di penjara

Lalu alur filmnya mundur ketika beliau masih sekolah, dan dari situ disampaikan bahwa rasa tidak sukanya dengan para penjajah berawal ketika ia melihat Meneer Belanda menyiksa penyadap karet sampai darahnya bercucuran di kapuk. Ia merasa sangat shock kali ya… ketika melihat darah segar mengalir di kapuk yang ia pungut setelah minuman yg ia tawarkan ke penyadap karet itu ditolak karena bapak penyadapnya masih kesakitan dan nangis T.T. Nyebelin banget emang ya si penjajah waktu itu. Klo misalnya tersiksa karena panas matahari daerah tropis dan nyamuk ya tinggal balik aja ke Belanda sonoh. Hih!

20150414_211646

waktu istrinya meninggal

Adegan yg bikin saya berkaca-kaca adalah ketika istrinya meninggal. Saat itu, saya membayangkan bahwa saya yang meninggal dan si kakak yg ngeliatin saya tidur selamanya (lalu berjumpa lagi di surga. aamiin). Iya, sentimental dan drama banget klo soal adegan kyk beginih. Hehe.

Dari film ini saya juga baru ngeh klo Bung Karno punya hubungan yg cukup dekat dengan Tn Tjokro dan Bung Karno itu nikah sama anaknya Tn Tjokro beberapa bulan setelah ibunya meninggal. :D.

Oke mari kita percepat ceritanya.
Film ini baguusss bangeet….. apalagi buat para pecinta sejarah. Ya semacam suami saya itu lah… Dia itu punya buku tentang perang-perang gitu. Perang Dunia, Perang Eropa, Perang Salib, atau yang pernah ngetren bbrp tahun lalu: sejarah penaklukan konstantinopel, tapi yang versi ilmuwan inggris. Kalo di film inih, dia bisa banget melek 2 jam 40 menit melototin adegan demi adegan sedangkan saya yang duduk di sampingnya sampe nguap 3 kali =)). Dari teknik pengambilan gambar juga sangat sangat bagus… saya suka banget deh sama angel2 gambarnya. Tempelin jempol deh buat kameramennyah. :D.

Film selesai jam 21.46 WIB. saya langsung terbirit2 ke kamar mandi setelah tertahan ketika menuju pintu keluar karena sangat penuh.

lg konferensi pers kali yak

lg konferensi pers kali yak. difoto pake HP sama si kakak.

Hatur nuhun Kang Aher yang udah ngasih tiket gretongan buat kita2 yang fakir hiburan di tengah turbulensi ekonomi Indonesia. Maklum pak, harga tiket bioskop sekarang ini semakin merampok dompet. Yg dulunya cuman 25 rb, skrg meroket ke 40 rb rupiah. Jadi, harapan saya dari rakyat jelata Provinsi Jawa Barat, sering-sering ngadain nobar buat kita, untuk menghidupkan film2 indonesia yang berbobot seperti ini. hehe *kemudian digetok sama asprinya Kang Aher*:D.

hatur nuhun Kang Aher :)))

hatur nuhun Kang Aher :)))

9 thoughts on “Nonton Bareng Kang Aher, Film HOS TJOKROAMINOTO

  1. Saya belum nonton. Untung bukan review film. Tapi banyak yang bilang film ini bagus. Jd pengen nonton.

    Soal harga. Ini agak susah ya mbak. Sdh melibatkan hukum ekonomi.

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

