Efek Cemilan Sehat !

Udah lama gak nulis sama blogwalking, heuheu. Capek cyiin si sayah keliling dari nikahan satu ke nikahan yang laen buat nyari nafkah =)). Sekarang saya mau cerita tentang efek cemilan sehat yg saya jalani selama setengah tahun terakhir.

Jadi saya ini dulunya kuliah di Mayor Ilmu Gizi, Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. Bingung kan di kampus pertanian ada Ilmu Gizi segala? Tambah bingung kyknya klo tau di sana ada fakultas ekonomi sampai kedokteran hewan juga :D. Karena kuliah di situlah saya sedikit banyak tau efek2 makanan A dengan kandungan gizi X terhadap kesehatan tubuh, meskipun kebanyakan saya lebih sering amnesia daripada ingetnya waktu kalap makan :p.

Nah, sekitar setengah tahunan lebih, saya lebih strict ke diri saya utk menghindari makanan yang manfaatnya kurang bagi tubuh. Let’s call it as Cemilan Sehat :p. Misalnya nih ya…

i am fat XD

i am fat XD

Waktu nonton bioskop, daripada beli popcorn dan softdrink saya lebih memilih turun beberapa lantai dan beli cemilan yang menurut saya jauh lebih baik. Contohnya: Malkist Crackers sama susu ultra rasa coklat. Suami saya cuman senyum sepet gitu ngeliat kelakuan saya karena saya gak mau beli popcorn =)).

Begitu juga di kantor, klo misalnya lagi gak bawa bekel buat sarapan atau gak sempet sarapan dari rumah, maka saya akan pesan Buah Potong sepiring KECIL dari ibu belakang kantor atau Bubur Kacang Ijo atau Roti Bakar isi selai kacang atau (lagi-lagi) malkist cracker plus susu coklat siap minum. Belagak sehat banget kan? :p

Saya juga pernah cheating2 dikit, klo memang lagi pingin banget makanan gorengan: beli tahu isi atau donat di Pak Suneo (ini cuman nama panggilan doang kok) yang suka mampir di depan kantor :D

Dan efeknya apa saudara2???
Berat badan saya melompat naik ke 54 KG. Takjub? Nggak, saya cuman termangu di atas timbangan yg saya injak. Eh, itu sama aja ya? :D
“Kok bisa ya saya tiba2 menggendut begini?”

Kenapa saya heran? Karena saya itu terkenal susah gemuk. Berat badan mentok cuman 48-50 kg. bahkan pernah merosot tajam ke angka 39 kg karena operasi 3 tahun lalu.
Suami saya juga akhir-akhir ini sering berkomentar dan nyubit2 lengan dan pipi saya “Eh, ada dagingnya” atau “Eh… jadi gendut..” #hasyem :D

Alhamdulillah ya, saya seneng-seneng aja karena ternyata saya bisa menggemuk seperti ini. setelah saya cek Body Mass Index saya, status gizi saya juga masih normal alias masih ideal dengan tinggi badan saya yang alakadarnya ini =V.

Bagi yang belum paham, Body mass Index atau Indeks Massa Tubuh adalah salah satu parameter paling mudah utk mengukur status gizi kita. Rumusnya cuman Berat Badan (kg) : Tinggi Badan2 (m2).

Contohnya nih biar kebayang… saya rela deh jadi contoh kasus =))
TB: 159 cm dan BB: 54 kg. jadi IMT saya 54:1,592 = 21,3 kg/m2.
Alhamdulillah ya Gizi Baik atau NORMAL =))

IMT

Status Gizi

Kategori

< 17.0 Gizi Kurang Sangat Kurus
17.0 – 18.5 Gizi Kurang Kurus
18.5 – 25.0 Gizi Baik Normal
25.0 – 27.0 Gizi Lebih Gemuk
> 27.0 Gizi Lebih Sangat Gemuk

Sumber: Kemenkes RI 2003

44 thoughts on “Efek Cemilan Sehat !

  1. ncusai, aih kamuuuuu…
    baru liat fotomu lagi setelah kemarin kamu post tutorial bikin apron. Berisi banget… aaaaaaak… hebat! Aku juga mau ah gendutan.. Tinggiku segini beratku cuma 52 cuuuuuss

  2. Saya juga pengen cemilan sehat, sudah mengurangi goreng-gorengan dan makan sore/malam diganti oatmeal. Memang ada efek bagus buat tubuh. Minimal kulit muka bisa cerah.

  3. Buah Potong sepiring KECIL dari ibu belakang kantor atau Bubur Kacang Ijo atau Roti Bakar isi selai kacang atau (lagi-lagi) malkist cracker plus susu coklat siap minum.

    ASELINYA => Buah Potong sepiring KECIL dari ibu belakang kantor DAN Bubur Kacang Ijo DAN Roti Bakar isi selai kacang DAN (lagi-lagi) malkist cracker plus susu coklat siap minum.

    itu yang bener, makanya ndut *kalem*

  4. Jadi itu termasuk bisa bikin gemuk ya…akumauakumauuu..
    Tapi emang sih, pernah dinasehatin kurangin makan pedes kalo pengen nambah berat badan (lebih sehat), pernah dicoba emang iya sih. Etapi makan pedes lagi hihi

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

