3 Hal Yang Bisa Ditemui di Hutan Mangrove Blok Bedul, Taman Nasional Alas Purwo

selamat datang di blok bedul

selamat datang di Blok Bedul

Saya benar-benar blank soal Taman Nasional Alas Purwo, saya cuman tau Baluran. Titik. Apalagi soal Blok Bedul. Pernah denger aja nggak. Mungkin teman-teman juga merasakan hal yang sama. Iya kan? Kan? #maksa

Saya dan teman-teman saya waktu itu sampai di sana sudah pukul setengah 4 sore dan disambut dengan pohon mangrove plus tanah berpasir yang bersih. Kami lalu menuju dermaga dengan jalan kaki untuk menyeberang ke pulau sebelah. Nah, ternyata di blog bedul ini kami setidaknya bisa menemui 3 hal:

1. Jembatan Kayu dan Kepiting Bercapit Merah
blok bedul (3)Kami mengikuti jalan dan tak lama kami bertemu dengan jembatan kayu yang melintasi kawasan mangrove dan bangkai perahu. Di kanan-kiri kami bibit mangrove sedang tumbuh dan di setiap sentimeter tanah di bawah jembatan ada kilauan berwarna merah yang bergerak-gerak cepat. Setelah saya cek dan tengak-tengok apa itu yg warna merah ternyata itu kepiting kecil dengan capit berwarna merah. Uniknya capit berwarna mencolok itu berukuran sangat besar dibandingkan dengan capit yang lain. setelah aware dengan keberadaan kepiting ini, saya baru sadar ternyata sejak awal tadi ada ribuan kepiting ini yang berseliweran di bawah dan samping kanan kiri jembatan yang sedang kami tapaki bersama #asek

2. Perahu Gondang-Gandung
blok bedul (6)Untuk menyeberang ke arah pantai, kami menggunakan jasa perahu yang biasa disebut Perahu Gondang-Gandung. Awalnya saya cuman ngerasa kalau bentuk kapalnya aneh. Setelah saya searching-searching ternyata Perahu Gondang-gandung ini terbuat dari 2 perahu kecil (sampan) yang digabungkan dengan lantai dan kursi kayu serta atap dari terpal. Jadi nggak heran klo perahu yang bisa muat 15-20 orang itu seperti punya taring *imajinasi tingkat tinggi*

Dengan perahu ini kita bisa menyusuri Segara Anakan dengan harga sewa 150-200rb/perahu. Waktu itu kami nggak keliling, tapi langsung nyebrang aja. Kami sibuk cing! #kibasrokpanjang

3. Pantai Blok Bedul
blok bedul (9)Sesampainya di pulau seberang, kami disambut dengan sekumpulan monyet. Saya yang udah sering liat monyet, lempeng aja jalan ke arah pos. setelah semua udah lengkap, kami langsung jalan (lagi) ke arah pantai yang jaraknya sekitar 1 km. sebenarnya jaraknya tidak terlalu jauh dan tracknya pun enak (datar) tapi karena kami sudah berputar-putar dari setelah subuh perjalanannya menjadi sangat menguras tenaga. Lelah hayatii…

Akhir hutan yg lebat sepanjang 1km ini bersambung dengan pantai yang luas. Garis pantainya panjang dan tidak terlalu ramai. Namun sayangnya pantai ini terlalu plain buat saya yang udah cukup banyak melihat pantai di Jawa Barat. Karakter pantai ini mengingatkan saya pada Pantai Pangumbahan di Ujung Genteng, yaitu sangat tidak menarik (in my not too humble opinion). Pardon me :p.

Saya yang sudah sangat lelah hanya sanggup duduk cantik di atas pasir yang lembut sambil melihat teman-teman saya berlompatan girang demi sebuah pose foto. Maklum, di sini semua orang asik dengan kameranya. Oya, di pantai ini angin dari arah laut sangat kencang dan membuat saya hampir-hampir masuk angin. Jadi klo teman-teman mau ke sana gak kuat sama angin, lebih baik sedia jaket :D

oya, ini kompilasi foto2 di sana

*ini sambil latian nulis ala2 tulisan viral, tapi kyknya gagal. Hahaha.

17 thoughts on “3 Hal Yang Bisa Ditemui di Hutan Mangrove Blok Bedul, Taman Nasional Alas Purwo

  1. aish,,sering diajak kesini sama temen2 tapi ga nemu waktu yang pas…jadi sedikit ada bayangan deh kondisi alas purwo :D aniwei, ajarin juga dong cara nulis ala2 viral gitu..hehehe

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s