Mural Hunting #1: Woman Portraits – Bandung

5 tahun saya tinggal di Bandung (hampir 4 tahun numpang di rumah dinas mertua di kota dan sekarang di rumah sendiri, di Bandung Coret :p) membuat saya sering memperhatikan kondisi jalan dan arsitektur di Bandung. Memang sih yang saya liat kebanyakan ya itu-itu aja yaitu rute berangkat-pulang kerja dan beberapa – puluh – kali jalan menuju mall atau tempat makan yang ngehits se-Kota Bandung :D. Dari situ saya memperhatikan bahwa Bandung punya komunitas Mural yang cukup aktif bergerak. Abaikan dulu tentang ijin atau nggaknya mereka pada pemilik dinding yang mereka coret-coret, karena saya nggak tau.

Kata Wikipedia, Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Hal unik dari komunitas Mural di Bandung ini adalah mereka sering kali mengganti mural yang mereka buat di dinding tertentu dengan mural lainnya pada periode tertentu – yang hanya mereka yang tau kapan. Beberapa kali saya melihat mural yang dilukis dengan sangat cantik, konsepnya bagus dan dengan ukuran yang sangat besar. Tapi sayang saya cuman melihatnya tanpa mengabadikannya dengan kamera. Lalu mural itu hilang dan diganti dengan mural yang lain. Huhu.. sayang banget. Makanya sekarang saya jadi termotivasi untuk mengabadikan mural-mural kece di Kota Bandung. Dan mungkin saja di kota atau negara lain.

Nah di postingan pertama saya tentang mural hunting ini adalah mural yang saya namakan “Woman Portraits (well, mural creatornya gak ngasih judul apa sih di karyanya, jadi saya kasih nama sendiri, fufu). Mural ini saya temukan di Jalan Stasiun Timur, Kota Bandung. Jalan Stasiun Timur ini berhadapan dengan Jalan Kebon Jukut yang dipisahkan dengan rel kereta api yang akan masuk atau keluar dari Stasiun Kota Bandung. Hingga kurang lebih 3 bulan ini, mural itu masih bertahan dan belum diganti dengan mural yang lain.

peta Jalan Stasiun Timur dari Google Map. mural ada di sebelah kiri jalan (one way)

peta Jalan Stasiun Timur dari Google Map, lumayan deket sama Braga. mural ada di sebelah kiri jalan (one way)

Saya sendiri merasa langsung tertawan dengan keindahan mural yang dibuat. Menurut saya yang cuman bisa nggambar 2 gunung dengan matahari terbit di tengah-tengahnya, mural di dinding ini sangat menawan karena menggambarkan wajah seorang perempuan dalam berbagai sisi dan ekspresi. She is just so beautiful, sexy, and adorable.

Liat sendiri aja lah ya gimana muralnya… :D

Mural Bandung- Woman Portraits

Mural Bandung- Woman Portraits

Mural Bandung- Woman Portraits 2

Mural Bandung- Woman Portraits 2

Mural Bandung- Woman Portraits - bagian kanan sekaliii

Mural Bandung- Woman Portraits – bagian kanan sekaliii

Ini perbandingan dengan tinggi badan saya yang cuman 160cm kotor XD

mural bandung

ala-ala OOTD

mural bandung

duta perdamaian dunia (mural)

Ini foto penampakan seluruh muralnya. karena cuman modal pake kamera HP, jadi saya motonya harus dari samping biar keliatan semuanya. Gimana menurut pendapat kalian tentang mural ini? Keren banget kan…

mural bandung

mural bandung dan angkotnya yang cihuii

p.s.semua foto diambil pake kamera HP
p.s.s. ternyata yang di mural ini artis Korea yang namanya Taeyeon *yaelah… :))
p.s.s.s. kalau ini foto saya sama yang motoin saya.

Jpeg

muka mulus karena makek beautification :v

 

31 thoughts on “Mural Hunting #1: Woman Portraits – Bandung

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s