Rekomendasi Kuliner Asik Murah Meriah Di Kota Bogor

Bogor itu sudah seperti rumah kedua bagi saya dan suami sehingga kami selalu ingin mengunjungi kota hujan ini tiap tahun. Sabtu-Minggu kemarin saya dan suami berkesempatan main lagi ke kota ini. Ini sebenernya bukan holiday tapi lebih ke business trip karena kita ada klien di sana yang minta di foto pernikahannya. Biasanya kami ke Bogor make travel, tapi waktu itu kita milih make jasa kereta api karena klien kami nikahannya hari Minggu. Jadi kita punya banyak waktu buat main-main dulu, kulineran, dan nostalgia dengan Commuter Line Jabodetabek.

Meski kami berdua tinggal 4 tahun di Bogor, saya dari 2006-2010; kalo suami taun 2002 sampe 2007 dan di daerah yang berbeda, kami nggak pernah nyengaja buat kulineran yang ngehits di sana. Maklum, kami sama2 anak kuliahan yang gak pnya duit lebih buat makan yang “aneh2” selain makanan warteg dan gorengan. Sebagai pengobat rasa penasaran kuliner Bogor, kami akhirnya bela2in nyicip kuliner bogor. Nah ini yang bisa kita jamah dalam waktu setengah hari di sana.

Ketan Manis aka Gemblong
Ini kuliner kaki lima yang bener-bener kaki lima. Mungkin untuk sebagian besar turis lokal dan asing yang datang ke Bogor, kurang begitu tertarik untuk membeli makanan ini. Padahal menurut saya, kuliner ini adalah makanan wajib yang harus saya makan. Memang makanan ini nggak hanya bisa ditemui di Bogor, tapi buat saya rasa ketan manis di Stasiun Bogor ini sungguh istimewa.

kuliner bogor

ketan manis yang udah kepanasan :))

Ketan manis berbentuk bola ini bisa ditemukan dengan mudah ketika melewati jembatan penyeberangan jalan dari dan ke stasiun Bogor. Ada juga yang bentuknya oval, tapi saya gak tau harganya berapa. Kalau rasa kurang lebih sama. Teksturnya: kering, sedikit keras dan manis di bagian luar serta gurih dan lembut di bagian dalam. Rasanya enak, cocok buat cemilan di jalan dan sebagai pengganti gorengan.

Alamat                       : Jembatan Penyeberangan Stasiun Bogor
Harga                        : Rp 2.500,-/pcs atau Rp 10.000 dapat 5 pcs :D
Mau Datang lagi?      : Definitely!

Roti Maryam Salman

kuliner bogor

stand roti maryam

Sebenernya ini bukan kuliner asli Bogor, tapi sepanjang saya keluar dari stasiun

kuliner bogor

mamang roti maryam

Stand Roti Maryam ini sangat memikat hati. Kami nyobain Roti Maryam di dekat stasiun pas malem2 sekalian jemput videographer kami yang baru dateng dari Depok. Roti Maryam ini punya varian rasa coklat, Coklat Kacang, Daging, dan original. Rasanya? Enak! harganya? Murah, standar roti Maryam lah =D.

Alamat     : Jalan Kapten Muslihat. Depan KFC Taman Topi Square.
Harga      : Original Rp 6.000; Cokelat Rp 7.000; Coklat Kacang Rp 8.000; Daging Rp 9.000
Mau Datang lagi?     : Definitely!

Soto Bogor
Kami keluar dari stasiun Bogor sekitar jam 11 siang. Setelah refund deposit kartu Commuter Line, kami berdua keluar dan menuju seberang jalan menggunakan jembatan penyeberangan. Kami nemu gerobak Soto Bogor setelah kami sampai di seberang yaitu di Jalan Paledang. Lokasinya tepat di depan LAPAS Paledang, gampang banget nyarinya. Karena letaknya di pinggir jalan, maka tempat duduknya seadanya, cuman meja panjang yang dilengkapi dengan kursi-kursi plastik.

kuliner bogor

Soto Bogor dengan tampilan seadanya

Kami lalu pesan 2 porsi Soto Bogor Santan (say hi to Colesterol!) dan dalam hitungan menit Si Mamang sudah selesai menyiapkan sotonya. Porsi sotonya cukup banyak, isinya daging dan beberapa jeroan (Hi again Colesterol! XD). Rasanya? Hmm… enak pisan! Dengan harga yang miring, rasa khas Soto Bogor dengan limpahan daging (dan jeroan) bisa dinikmati tanpa worry dengan dompet di kantong.

Alamat             : Jalan Paledang Kota Bogor, depan Lapas Paledang.
Harga              : Soto+nasi Rp 15.000,- ; Soto saja: Rp 13.000.
Mau Datang lagi?   : Definitely!

p.s. kalau beli soto mending di sini, klo udah di sekitar Jl. Pajajaran harganya bisa melambung sampai Rp 25.000 per porsi.

Makaroni Panggang (MP)
Ini kuliner yang dari duluuu… pengen banget nyoba karena saking penasarannya. Akhirnya setelah lama menanti, saya berhasil nyeret suami main ke sini. Dari penginapan kami, kami tinggal jalan sebentar dan naik angkot 03 ke arah Baranang Siang dan turun tepat di Taman Kencana. Plang Makaroni Panggang sudah terpampang besar-besar di sebelah kanan jalan.

Cara order macaroni panggang itu sama kyk di café-café lain, nyari tempat duduk dulu abis itu baru deh kita pesan sesuai dengan yang kita inginkan. Di café lantai 1 sudah tersedia replika ukuran Makaroni Panggang biar nggak kecele sama kategori “small”, “medium” dan “large”. Suasanya cafenya temaram dan suram dengan aksesoris ala koboy di beberapa sudut. Karena saya nggak nyaman dengan pemandangan botol bir yang berserakan di salah satu meja di lantai 1, kami memilih duduk di lantai 2 saja.

kuliner bogor

makaroni panggang ukuran medium

Kami berdua memesan Makaroni ukuran medium, 2 lemon tea, 1 iced tea, 1 porsi onion ring. Ada banyak varian menu lainnya, misalnya klappertart (saya ingetnya cuman itu) tapi kami nggak tertarik. Kami menunggu kira-kira 5 menit untuk lemon tea dan 10-15 menit lagi sampai waiternya datang dan menyajikan Makaroni ukuran medium yang nggak sanggup kami habiskan. Makaroninya enak, tapi menurut saya kurang nendang. Mungkin seharusnya saya pesan Makaroni yang special alih2 yang biasa, tapi ya sudahlah… kita juga niatnya cuman mau nyobain dan lagi, harga macaroni special medium itu lebih dari 100rb. Lemon tea-nya enak, kerasa lemonnya. Onion ringnya penampakannya kyk remahan rempeyek, saya dan suami cuman cengar-cengir waktu nyemilinsi bawang Bombay itu :D.

Alamat                      : Taman Kencana-Bogor
Harga                       : Macaroni Panggang Biasa ukuran Medium Rp 67.000,-
Onion Ring Rp 18.000
Iced Lemon Tea @ Rp 15.000
Iced Tea Rp 7.000
Pajak Restoran 10%
Mau Datang lagi?      : Not Sure.

Kuliner yang lain yang menggiurkan hati tapi gak bisa saya beli karena keterbatasan kapasitas perut adalah Cilok. Bisa ditemukan di tempat yang sama dengan si ketan manis. Saya gak tau harganya berapa, tapi dijual dalam kondisi panas dan pastinya enak bangett…

Yang mau nambahin list kuliner Bogor, ayo dong share di sini. InsyaAllah saya bakalan balik lagi ke Bogor bulan depan, dan mau berburu kuliner lagiii siapa tau saya bisa nyoba rekomendasi kalian =D

31 thoughts on “Rekomendasi Kuliner Asik Murah Meriah Di Kota Bogor

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s