Pengalaman Refund Tiket Hotel Di Traveloka

Dalam rangka liburan di minggu ini, saya sudah hunting penginapan dari jauh-jauh hari. Tujuannya cuman satu: nyari penginapan dengan harga rendah dan dengan akses transportasi yang mudah. Nah aplikasi yang sampe sekarang masih setia saya (dan suami) pakai adalah Traveloka. Maklum, kita mainnya paling jauh baru ke Singapura dan Malaysia doang :D. aplikasi ini baru kami pake taun lalu sih ya… kalau sebelum-sebelumnya nginep di hotel di Indonesia kebanyakan saya nelpon langsung ke hotelnya-booking-dateng-bayar-bobok.

Waktu bulan puasa kemaren, di aplikasi ini lagi banyak hotel yang didiskon. Jadilah mata saya jelalatan dan langsung booking hotel di kawasan Georgetown buat satu malam dengan harga Rp 209.XXX untuk kamar berdua dan private bathroom *secara, si saya kan orangnya beser kalo malem2*. Harga normalnya 350rb-an klo gak salah, lumayan kan diskonnya. Haha.

Tapi dinamika jalan-jalan ternyata membuat kami harus ngotak-atik itin dan berakhir dengan nggak matchingnya tanggal nginep dan posisi kami di perkiraan itinerary terakhir, hehe. Alhamdulillahnya bookingan hotel masih free cancellation sampe tanggal 19 Juli. Jadi saya waktu itu mau cancel bookingan dan ganti tanggal nginep.

Ndilalahnyaa…. HP saya nge-hank, gak bisa nyala, cuman ada gambar lingkeran muter2 di bawah tulisan ASUS dengan latar belakang layar warna item. Setelah diotak-atik sama suami saya HPnya nyala lagi dengan konsekuensi semua data di-reset semua, termasuk aplikasi Traveloka itu. Yaudahlah ya… gak ada yang penting juga. Semua nomor kontak juga udah diback up di email dari jauh-jauh hari.

Setelah saya install dan masukin alamat email waktu registrasi, gak taunya bookingan hotel si saya udah gak ada di history. Ora mudeng juga kan si saya. Jadinya saya email-emailan aja sama CS traveloka soal kebutuhan saya untuk ganti tanggal nginep.

dicoret-coret biar terkesan orang penting :p

dicoret-coret biar terkesan orang penting :p

Si CSnya balesnya lumayan cepet ya, mungkin karena reply-nya cuman copy paste dan intinya kalau mau ganti tanggal nginep langkahnya ada 2:

  1. Anda dapat membatalkan pemesanan Anda terlebih dahulu
    2. Lakukan pemesanan ulang

Lalu saya reply lagi emailnya dengan kesulitan saya saat log in jadi saya gak bisa refund langsung di aplikasi sendiri. Ini imelnya:email traveloka 2

Beberapa saat kemudian ada nomor Jakarta 021-XXXX yang nelpon saya. Awalnya saya curiga klo ini yang nelpon orang asuransi atau orang yang nawarin kartu kredit kayak sebelum-sebelumnya, tapi setelah dipikir-pikir kayaknya lebih mencurigakan klo dari Traveloka.

Setelah saya geser “Accept” ternyata bener dari Bagian Hotelnya Traveloka, sayangnya saya lupa siapa nama mbak2nya yang suaranya merdu itu. Inti pembicaraan kami saat itu adalah proses refund akan dibantu sama Traveloka dan saya tinggal ngasih nomor rekening untuk mentransfer uang bookingan hotel. Proses refund akan selesai 2-5 hari kerja.

Percakapan via telepon selesai dan muncul kembali email dari Traveloka yang isinya konfirmasi refund dan nomor rekening. Semuanya udah kelar, saya tingga nunggu dana ditransfer dan booking hotel yang sama untuk tanggal yang berbeda. Sayangnya, harganya jadi lumayan melambung: Rp 270.XXX.wkwk. sebel sih, kan 70ribu bisa buat beli es cendol di sana. Tapi yaudahlah ya… kyknya harganya setara dengan pengalaman nge-refund :p.email traveloka 3

Karena kesibukan kerja dan idul Fitri, saya bener-bener lupa dengan yang persoalan refund hotel sampai akhirnya beberapa hari lalu saya cek inbox dan ada email dari Traveloka tanggal 4 Juli yang mengabarkan kalau refund hotel sudah selesai. Setelah saya cek di mutasi rekening, ternyata beneran ada transferan dari Traveloka :D.

Alhamdulillah, proses refund selesai di 2 hari kerja: saya email2an tgl 2-3 juli dan dana ditransfer tanggal 4 juli 2016. Thank you atas servisnya tim Traveloka yang buat saya sangat memuaskan.

23 thoughts on “Pengalaman Refund Tiket Hotel Di Traveloka

  1. syukurlah bisa kembali. pengelaman saya…. kamar dibookingin sama temen dengan traveloka dan udah bayar juga. begitu ke hotel eh, katanya kamar penuh :(

    akhirnya itu hotel nyariin kamar di hotel lain dan dibayarin sama mereka

  2. profesional berarti ya si traveloka ini :0 aku pernah beberapa kali beli tiket dan booking kamar tapi emang belon pernah cancel. Makasih infonya yaaa Sus, siapa tau lain kali butuh hehe

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

