RM Legoh: Resto Khas Manado Yang 100% Halal Di Bandung

“Kak, RM Legoh ini makanan khas Manado tauk” kata saya via whatsapp ke suami yang kekeuh bilang kalau rumah makan ini khas Sunda *suami siapa coba itu? :p. suami saya waktu itu lagi nongkrong di BIP (mall di Jl. Merdeka-Bandung), jadi nggak lagi bareng sama saya.
“Hoh? Ada babinya nggak?”

kata suami saya sedetik kemudian. maklum, Manado identik dengan makanan dari babi.Jadi suami saya khawatir gitu kalau saya makan makanan nggak halal.
“Nggak. 100% Halal makanan di sini. Bahkan MUI pernah inspeksi ke dapur untuk meriksa keakuratannya” kata saya kemudian setelah ngobrol-ngobrol dengan Owner RM Legoh di Hari Sabtu yang sendu di Kota Bandung.

RM (Rumah Makan, bukan Running Man ;p) ini terletak di Jalan Sultan Agung no. 9, di samping Distro. Di depan agak ke samping restorannya ada beberapa lapak yang menjual kaos dan koper diskonan #penting :D. Pertama kali saya masuk ke RM ini, jujur saya agak merasa salah tempat karena baju saya beda sendiri, hahaha. Kalian tau kan gimana kalau style pakaian saya tiap hari? Di hari Sabtu siang itu, saya perhatikan kebanyakan yang jadi tamu adalah anak-anak muda dengan celana jeans dan kaos pendeknya atau pasangan papah-mamah muda dengan baju kekiniannya. Lalu datanglah saya dengan gamis biru, kerudung hitam, dan helm di tangan. eh, gamis juga kekinian kok sekarang, hehe. Tapi kekurangnyamanan tadi hilang karena mas-mas pelayan yang pake kemeja denim itu langsung menghampiri saya dan memberikan menu RMnya dengan senyum ramah.

RM Legoh

RM Legoh

Jpeg

RM LEgoh dari luar

Saya nggak langsung pesen apa-apa karena nunggu teman-teman blogger lain yang janjian ketemu di sini. Saya diem aja di situ sekitar satu jam dan waiternya biasa aja gitu ke sayanya. Nggak ngeliatin dengan tatapan “ngapain lo di sini nggak pesen2”. Bahkan setau saya ada satu pasang tamu yang keluar lagi dari rumah makan itu tanpa memesan apa-apa, mungkin karena tiba-tiba ada keperluan atau gimana. And everything is fine. Dunia nggak kiamat.

Sekitar jam 2-an kami akhirnya kumpul semua dan mulailah petualangan kuliner kami di RM Legoh. Bingung ya milih makanan di RM itu karena banyak yang baru buat saya. Setelah lirik-lirikan dan nanya “kamu pesen apa?” ke masing-masing personil yang hadir, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Nasi Daun Jeruk, Iga Rawit, dan Lemon Squash. Yang lainnya pesen Nasi Goreng Hitam, cumi rica, bebek bakar, sapi cuka, nasi merah. Cemilannya kita pesen cireng, tahu pletok, brokoli tepung, dan keju aroma (?).  Saya sejujurnya sempet nyicipin semua makanan yang masing-masing kita pesen. Dan everything was delicious, enak sumpah. Tapi saya mau jelasin khusus pada yang saya pesen dan yang belum pernah saya makan sebelumnya aja.

Nasi Daun Jeruk
Meskipun cuman nasi, tapi buat saya menu ini jenius banget. Jujur ya, saya ini udah mulai bosen sama nasi. Saya pernah 2 hari full nggak makan nasi karena males liat penampakan nasi di piring. Sampai sekarang pun saya masih sangat sering makan nggak pake nasi.

Suapan pertama saya waktu makan Nasi Daun Jeruk ini, saya langsung jatuh cinta lagi sama nasi. Jadi nasinya itu dicampur sama irisan tipis daun jeruk, tekstur nasinya juga agak kering yang pas banget dengan pilihan menu saya selanjutnya.

Iga Rawit
Saya udah pengen banget makan iga. Dan pertemuan saya dengan Iga Rawit RM Legoh ini adalah surga. Lebay banget ya kayaknya, tapi suwer saya suka banget sama Iga Rawit ini. Iga yang disajikan itu tanpa tulang, jadi kita bisa makan cantik tanpa mengotori jari tangan. Plus yang bikin ini enak buat selera saya adalah irisan tomat dan cabe di sampingnya. Makan Daging Iganya doang nggak akan senampol enaknya kalau nggak dicampur sama tomat dan cabe itu. paduan empuk dan gurih daging iga, asam dan segarnya tomat, serta pedasnya potongan cabe itu lumer semua di mulut. * ini saya ngetiknya sambil ngeces juga* Kombinasi makanannya mirip dengan Sate Maranggi di Purwakarta yg legendaris itu.

Iga Rawit

Iga Rawit

Nasi daun jeruk, iga rawit, dan lemon. Menu Saya di RM Legoh

Nasi daun jeruk, iga rawit, dan lemon. Menu Saya di RM Legoh

Makanan khas Manado itu kan aslinya memang pedes, apalagi buat lidah orang Sunda atau Jawa, jadi di RM ini udah ada 3 pilihan level pedas yang bisa dipilih. Kalau yang kemaren saya nikmati itu kayaknya yang pedas santai deh. Jadi nggak pake ngeluarin ingus, keringat, dan air mata yang bikin dandanan lumer. Well, saya nggak dandan juga sih… bedak udah kehapus sama air wudhu Sholat Dzuhur sebelumnya *hening*

Sapi Cuka
Ini baru pertama kali banget saya baca dan nyicip menu Sapi Cuka. Daging sapinya dipotong kecil-kecil yang teksturnya empuk pisan dan disajikan bareng kol goreng yang berfungsi menimalisir rasa cuka dari dagingnya. sajian ini dilengkapi dengan sambal yang dapat meminimalisir rasa cuka dari sapinya. Rasanya? Enak dong. Tapi buat saya, Iga Rawit masih di urutan pertama, hehe.

Sapi Cuka in frame

Sapi Cuka in frame

Nasi Goreng Hitam
Ini nasi goreng yang dibuat dengan tinta cumi-cumi. Saya sering denger soal menu ini, tapi baru pertama kali nyicip di RM Legoh. Rasanya nggak asing buat lidah saya karena saya sering makan cumi-cumi yang berlumur tinta hitam. Dan tentu saja rasa khas nasi gorengnya masih melekat erat di menunya. Porsi nasi gorengannya banyak banget ya kawan, katanya sih itu menyesuaikan dengan porsi makan Owner RM Legoh yang badannya tinggi besar. Saya sih kayaknya nggak bakalan sanggup ngabisin nasgor sebanyak itu kalau nggak lagi laper berat. Tapi menurut saya porsi itu sesuai dan pas buat para pelanggan laki-laki.

Nasi Goreng Hitam RM Legoh

Nasi Goreng Hitam RM Legoh

Aneka Sambel
Buat saya, sambel itu adalah nyawa pada setiap sajian. Saya bakalan nggak semangat makan kalau nggak ada sambel, dan di RM legoh ini saya sempat mencicip 4 macam sambel (dan saus). Bagi saya yang doyan sama yang pedes2 ini, semua sambel dan sausnya enak :D

Sambel RM Legoh

Sambel RM Legoh

seluruh menu yang kami pesan

seluruh menu yang kami pesan

saya puas banget nyicip makanan di RM legoh ini. and i’ll definitely come back to eat more :D.

RM Legoh
Alamat: Jl. Sultan Agung No. 9 Bandung
Website: rmlegoh.com
IG: @rmlegoh

15 thoughts on “RM Legoh: Resto Khas Manado Yang 100% Halal Di Bandung

  1. Mba kalo ga salah di sini ada keju aroma yang banyak banget orang demen, pernah nyoba kah? Pengin tapi jauhhh hihi dan kalo liburan ke Bandung ga pernah sempet ke sini.

    • iya, mbak. ada keju aroma.
      tapi karena aku pada dasarnya nggak begitu doyan sama keju (apalagi dimakan bentuk keju gitu) jadi waktu nyicip ya biasa aja gitu. hehe.

      kalau suami saya kayaknya bakalan nyandu, karena doi kan doyan banget sama keju >,<

Ciyee yang maunya jadi silent readers, tinggalin komen dong ah...

