Liburan Hari Ke 2 : Menikmati Sunrise di Kapal Butterworth-Pulau Penang

Saya udah puluhan kali naik kapal laut. Kapal Roro Merak-Bakauheni (ini yang paling sering, puluhan kali), Kapal Yang Rada gede yang buat nyeberang ke Samosir di Danau Toba, Kapal ke Kepulauan seribu, Kapal Buat keliling snorkeling di Pulau Pahawang, Kapal buat keliling di Blok Bedul-Banyuwangi dan sekarang kapal buat nyeberang ke Pulau Penang. Meski kapalnya beda-beda, tapi rasanya tetap sama: merinding karena kembali disadarkan kalau manusia yang jumawa di daratan ternyata ukurannya kecil banget di tengah lautan. Disepak dikit sama ombak yang ganas juga ilang deh itu ribuan manusia dalam hitungan menit. Hehe.

Untuk nyeberang ke Penang Tiket buat kapal itu harganya cuman 1,2 RM (7000-8000 perak kalau dirupiahkan) dan uniknya karcis atau tiketnya itu berupa uang logam 1 RM dan 10 sen 2 biji. Kalau nggak ada duit pecahan segitu, bisa ditukerin di loket. Nanti kalau mau nyebrang lagi dari Penang ke Butterworth, kita nggak perlu bayar apa2 lagi alias gratis. Murah banget sih kamuh, tiket kapal *uyel2 si kapal*

Di dalam dermaga, ada ruangan tunggu yang dilengkapi dengan kursi tunggu, kipas angin, dan vending machine yang isinya berbagai macam minuman kaleng dan botol dari Malaysia. Ada 2 ruangan tunggu yang disekat hanya dengan besi setinggi paha orang dewasa,  yaitu ruang tunggu untuk manula, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan sejenisnya serta ruang tunggu untuk masyarakat umum tanpa kebutuhan khusus. Nggak ada yang ngerokok, seneng kan kita. Tapi panas kalau udah jam 7 ke atas. Continue reading

Liburan Hari Ke 1 & 2: Tidak Ada Drama Di Perjalanan Kuala lumpur Ke Butterworth

KL Sentral di hampir tengah malam

KL Sentral di hampir tengah malam

Kita sampe di KL Sentral sekitar jam 10 malam lewat sekian. Stasiun yang biasanya ramenya kayak Pasar Baru di Bandung itu sepi banget waktu kita nginjek kaki di sana. Karena kita mau naik bis ke Penang di Terminal Bersepadu Selatan (TBS), jadi kita harus naek kereta dulu ke Stasiun Bandar Tasik Selatan yang satu area dengan Terminal Bis (yang fenomenal) itu. Alhamdulillah kita masih sempat ikut jadwal kereta terakhir ke arah sana yaitu jam 11 malam. Suasana keretanya juga sama, sepiii… di gerbong kita itu cuman ada beberapa gelintir manusia yang terlihat sudah lelah dan mau pulang :D.

Nah, tau nggak di kereta ini kita dapet “rejeki” ngeliat perilaku 3 orang Malaysia Continue reading

Pengalaman Beli Tiket Kereta Jarak Jauh dan Kepisah sama Suami di Kuala Lumpur

Ini kejadian superdodol di Hari pertama (tanggal 21 Juli) kami di Kuala Lumpur. ceritanya waktu itu kita masih nunggu jadwal keberangkatan bis dari KL sentral ke Genting Highlands. Ada sekitar 2,5 jam kali ya waktu luangnya. Jadi suami ngajakin saya buat beli tiket kereta Penang (Butterworth)-Kuala Lumpur buat tanggal 23 Juli 2016. Tempat beli tiket keretanya ada di stasiun KL sentral. Saya lupa dimana tepatnya, tapi ada petunjuk arahnya kok jadi gampang nyarinya.

Ternyata beli tiket Butterworth-Kuala Lumpur di Malaysia itu sama aja kayak di Indonesia. Nggak ada vending machine yang tinggal pencet2 masukin duit dan tiketnya keluar. Kita kudu ngambil nomor antrian, duduk dan nunggu nomor kita dipanggil sama mesin. Abis itu kasih tau rute tujuan kita dan bayar cash di loket. Sama percis kayak beli tiket secara manual di Stasiun Bandung. Harga tiket kereta dari Butterworth ke KL itu 59 RM buat 1 orang dewasa yak. Waktu itu saya pikir: daripada sama2 bengong beli tiket kereta, mending saya beli tiket bis dari Kuala Lumpur ke Penang aja dulu ke Terminal Bersepadu Selatan. Deket ini pan dari KL sentral, tinggal naek kereta doang.

nomor antrian buat beli tiket kereta

nomor antrian buat beli tiket kereta

Waktu itu suami saya agak berat hati karena mungkin khawatir istrinya ilang (atau mungkin karena duit ngetrip sebagian saya yang bawa, haha) dan waktu yang rada mepet Continue reading

Liburan Hari Ke 1: Menikmati Suasana Horor Di Genting Highlands

suasana-horor-_-jalan-jalan_genting-highlands-1

“terminal” Cable Car dari atas

Akhirnya nulis ini juga, hehe. Sebelum bahas lebih lanjut, saya mau ngasih tau kalau itinerary kami di liburan Juli kemarin yang sangat sederhana dibandingkan tahun lalu.
Hari 1: Genting Highlands
Hari 2&3: Penang
Hari 4: Kuala Lumpur, Pulang.
simpel banget kan? :D

Nah, ceritanya kami udah selamat nih dari imigrasi Malaysia dan sudah memegang tiket bus shuttle KLIA2-KL sentral. Tapi masalahnya adalah waktu berangkat bus di tiket tinggal 10 menit lagi sedangkan kita nggak tau terminal busnya ada dimana. Saya cuma tau kalau “terminal busnya tinggal ngikutin petunjuk arah di bandara kok” hasil dari kekepoan saya di blog mbak mas traveler senior. Tapi percayalah, dengan otak yang jetleg abis dari imigrasi dan liat kita cuman pny waktu 10 menit, kita mendadak jadi bloon. Setelah nanya sama orang di meja informasi terminal busnya ke arah mana, yang ada di otak saya saat itu cuman 1: lari! Continue reading

Jalan-Jalan Di IKEA Alam Sutera

Jpeg

area layanan mandiri

Percaya atau tidak, berkunjung ke IKEA Damansara adalah salah satu rencana saya ketika kami jalan-jalan ke Malaysia 3 bulan lalu. Mungkin terdengar aneh dan kurang kerjaan karena udah ada IKEA di Alam Sutera – Tangerang yang terbilang dekat dibanding yang di Kuala Lumpur. Tapi namanya juga manusia, yang dekat malah tak terjamah dibanding yang jauh dari mata, hehe. Rencana saya ke IKEA Damansara itu jadinya nggak kesampean alias gagal total karena saya udah terlanjur sekarat akibat sakit pinggang kebanyakan jalan kaki. LoL.

Alhamdulillahnya, saya (dan suami) dikasih job motret wedding 2 hari berturut-turut di Tangerang minggu kemarin. Di hari pertama kita cuma motret akad nikah aja jadi ada waktu luang yang cukup banyak buat kita. Nggak pake lama, kita langsung planning buat main ke IKEA. Saya beneran pengen banget ke IKEA karena penasaran setelah liat2 katalognya di web dan saya udah punya beberapa barang lucu tapi tetep fungsional dari IKEA yang bikin rumah saya sedikit lebih baik interiornya.

Sabtu sore, 1 oktober 2016, Continue reading

7 Jenis Teman Yang Harus Dibawa Saat Jalan-Jalan

Perjalanan yang menyenangkan tidak hanya melulu tentang tempat tujuan. Bahkan ada quote traveling yang sangat tenar di kalangan para pejalan: “It’s about the journey, not the destination”. Memang benar kan ya? Perjuangan ngejar jadwal bus, antri beli tiket, salah turun stasiun LRT, tiket ke tempat wisata hangus, dan pengalaman ancur lain lah yang membuat perjalanan saya (mungkin kamu juga) memiliki rasa berbeda dan istimewa. Iya, itu yang saya tulis saya alami semua, gak pake ngayal XD.

Semenyebalkan apapun perjalanan, biasanya saya selalu merasa terbantu karena saya membawa teman perjalanan yang tepat. Ini nih beberapa list teman perjalanan yang wajib saya bawa kalau lagi jalan-jalan, Continue reading